I am plegmatis person

Cerita bermula ketika saya mengikuti traing emotinal quotient. apa yang pahami selama ini tentang EQ ternyata salah , saya kira dengan mengikuti EQ saya akan menjadi lemah lembut, orangbaik, sabar , dan serentetan hal-hal baik lainnya ..but it the wrong idea. itu salah kaprah. EQ intinya hanya bagaimana kita bisa mengelola emosi kita dan hidup rukun dengan orang lain. Emosi itu tidak selama nya negatif, kita marah pun sangat diperbolehkan sejauh kita menyadari kemarahan kita tersebut. Emosi juga merupakan suatu energi yang sangat besar yang jika diarahkan ke hal positiv akan berakibat baik untuk kehidupan kita. contohnya saja ketika kita hidup serba kekurangan dicaci maki orang karena kemiskinan kita ,kita lantas marah dan kita pun membenci diri kita yg miskin. dengan energi kemarahan, kita lantas berusaha membuktikan hinaan orang tersebut , kita berusaha sekuat tenaga untuk keluar dari kemiskinan tsb agar tidak dihina terus-terusan oleh orang.

Tapi yang menarik pada training tersebut bukanlah itu, yang menarik dan berkesan adalah ketika saya baru menyadari saya orang yang PLEGMATIS atau bahasa sehari-harinya TIPE HARMONI. selama ini saya selalu menilai saya tipe melankolik ..no no no I am mellow..melankolic not same with mellow, mellow itu bisa dibilang musik slow mendayu dayu sedangkan melankolic adalah orang yang suka berpikir.

yups saya salah besar selama ini. saya bukan tipe melankolic tipe yang saya pikir selama ini bahwa saya orang tipe teratur., orang yang tidak suka konflik hingga puncak,  its’s wrong. itu ternyata milik si orang plegmatis bukan melankolis.

untuk lebih jelasnya tipe ini akan coba saya uraikan satu persatu.

Pembagian tipe kepribadian manusia ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. ilmu ini sudah dimulai sejak jaman awal peradaban manusia. namun ilmu kuno ini masih tetap dipakai orang sampai sekarang.

Hipocrates, seorang filsuf yunani telah membagi kepribadian manusia dalam 4 kelompok

  1. Tipe Plegmatis kita bisa menamainya tipe HARMONI. disebut demikian karena orang tipe ini suka yg namanya keteraturan, kehangatan,  hidup penuh rutinitas. menyukai rasa aman dan terkendali. Orang Plegmatis adalah tipikal orang suka mengalah yang tidak menyukai puncak konflik karena kebutuhan orang plegmatis adalah bagaimana dia bisa “To get along” dengan orang lain. bagaimana dengan kesopan satunannya sangat menjaga hubungan yang harmonis dengan orang lain. Dari penjelasan diatas juga dapat ditambahkan bahwa plegamatis adalah orang yang peka dan mampu memendam perasaan marah, suka bahkan dendam. Dalam hal berpakaian biasanya dia suka berpakaian serba rapi dan serasi dan memilih warna yang tidak mencolok mata dan bukan tipikal orang bereksprimen dengan penampilan.
  2. Tipe Sanguinis yang dapat kita sebutnya Tipe GAUL. sesuai dengan namanya sanguin adalah seorang tipikal orang yang ekspresif dalam pergaulan. suka bertindak heboh dan ceria serta sangad moody. Orang bertipe sanguin suka memulai percakapan dan menjadi sahabat bagi semua orang. Orang tipe ini biasanya optimis dan selalu menyenangkan. Kebutuhan orang bertipe ini adalah bagaimana “To Get Attention”. bagaimana dia bisa menarik perhatian semua orang dengan apa yang dia lakukan, karena mereka akan sangat senang sekali bila berhasil menjadi pusat perhatian. Orang seperti ini dalam ciri berpakaian dapat dilihat dari kesukaannya dalam bereksperimen dalam berpakaian dan warna. mereka juga cendrung menggunakan perhiasan dan aksesoris untuk menunjang penampilan mereka.  untuk mengimbangi orang sanguinis sebaiknya kita juga ekspresif dalam menghadapi orang tersebut.
  3. Tipe Koleris yang dapat kita sebut juga tipe KUASA. merupakan tipe orang yang suka mendominasi dalam berbagai hal bahkan terkadang cendrung  mengintimidasi lawannya. berusaha mengendalikan dan mengharapkan pengakuan atas prestasinya, serta suka ditantang dan mau menerima tugas-tugas sulit. Kebutuhan orang orang koleris adalah bagaimana “To Get Done”, bagaimana mereka berhasil menyelesaikan pekerjaannnya secara tuntas karena mereka mementingkan hasil bukan proses. Tipe seperti ini adalah orang yang suka bicara To the point, tidak suka bertele-tele. Menjaga Pride merupakan ciri yg melekat pada koleris. Berpakaian necis dan branded dapat membuat pride mereka naik. Berbicara dengan orang tipe ini sebaiknya lebih banyak mengapresiasi mereka.
  4. Tipe Melankolis yang dapat kita sebut juga tipe Pemikir .orang melankolis merupakan orang  tipe berpikir, hidup dengan fakta dan argumen-argumen dan penuh pertimbangan logika terhadap sesuatu. Ia berusaha mengejar kesempurnaan dari apa yang menurutnya penting. selama ini orang melankolis cendrung dianggap orang yang sensitif, mellow suka menyendiri, padahal sebenarnya mereka menyendiri adalah untuk Berpikir karena kebutuhan mereka itu adalah bagaimana “To Get Right” dan mereka sangat membutuhkan privasi yang sangat tinggi. Berbicara dengan orang melankolis untuk mengimbanginya kita harus LOGIC karena setiap apa yang kita bicarakan akan langsung dipikirkan oleh orang melankolis.

 

memang semua orang tidak semuanya plek plekan harus sesuai dengan tipe tersebut. kebanyakan orang memiliki 2 atau 3 tipe tersebut dalam dirinya. yang paling utama dari kesemuanya agar kita bisa berhubungan baik dengan orang alahkah baiknya bisa menjadi bunglon dalam bersikap. ketika bertemu orang melankolis  tentu saja orang yg bicara penuh logika harus kita lawan dengan logika juga agar nyambung. Dengan orang koleris kita sebaiknya mengapresiasi nya karena orang tersebut akan mungkin saja menindas kita kalau kita bertele-tele. dan tentu saja dengan orang plegmatis kita sebaiknya berbicara soal rasa dan sopan santun karena plegamatis adalah orang yang peka.

Tidak ada yang paling bagus dan paling jelek dari keempat tipe ini. Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. misalnya ketika anda sedang membutuhkan teman untuk curhat bisa kita lihat dari 4 tipe dalam menanggapi. Misalnya saja anda telah melakukan kesalahan karena  si plegmatis orang yang tidak suka terlalu berdebat maka dia akan mendengarkan anda curhat dan membenarkan apa yang anda lakukan. dengan orang sanguinis mungkin dengan ke ekspresifannya maka akan menanggapi anda dengan heboh, dan mengatakan  “ya sudah lupakan saja kesalahannya mari kita bergembira”. dengan Koleris tentu saja anda akan dimarahi dan dipersalahkan karena telah melakukan hal tersebut. dan dengan melankolis mungkin anda akan ditanya soal detail perbuatan anda mengajak anda berpikir dan mungkin saja mereka bisa memberikan solusi. Nah jika anda curhat , orang tipikal apakah yang anda butuhkan.

 

 

tulisan ini di buat berdasarkan apa yang saya dapatkan kemarin, hanya bermaksud untuk membagi dengan orang lain. Mungkin ada kekeliruan hal ini tidak terlepas dari pengetahuan saya yang masih terbatas. Mungkin orang psikologi lebih paham dan khatam dengan hal-hal yang seperti ini.

One thought on “I am plegmatis person

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s