be watch for your shoes : Pigskin

selama ini kita taunya klo sepatu itu terbuat dari kulit sapi, kerbau, ular , buaya yg sudah umum dibuat orang. tapi baru2 ini entah kenapa tiba2 saj berita, katanya ada sepatu yang terbuat dari kulit babi. yups saya sebagai seorang muslim langsung bergidik mendengar  kabar tsb. settelah browsing dan nanya om gugel nemu lah beberapa situs yg menjelaskannya

contoh pola

bagian dalam sepatu

pola pig skin

Sumber ; disini

 

Haram Hukumnya

 Secara umum, kulit binatang yang telah disamak boleh dipakai tetapi tidak halnya untuk babi yang berlaku dalil khusus. Untuk pemanfaatan apapun produk yang berasal dari babi diharamkan untuk menghindari mudharat yang lebih besar (haram secara total).

Fatwa MUI mengatakan kalau hanya sekedar bersentuhan dan kedua permukaan (yang menyentuh dan disentuh) keduanya kering tidak masalah. Tetapi bila salah satu permukaan basah seperti sepatunya yang basah atau kaki kita basah berkeringat ataupun kedua-duanya basah maka menjadi najis.

Panduan mengenali sepatu dan tas yang terbuat dari kulit babi

  1. Pola dengan ciri khas tiga titik membntuk segitiga tersusun secara beraturan.
  2. Perhatikan sepatu atau tas anda bagian dalam, misalnya lidah sepatu, atau bagian dalam samping kiri dan kanan, jika terlihat pola tiga titik beraturan, maka sepatu anda terbuat dari kulit babi.

 

jika kita sadar dan mau peduli sudah saatnya kita lebih cermat dalam membeli sepatu cermati lagi kulit apa kah kira2 yang dipakainya jangan sampai sudah mahal-mahal beli sepatu ternyata dari kulit babi. langkah awal mungkin cek satu2 sepatu kulit dan tas yg sudah kita punya siapa tau kita telah pernah membeli yg terbuat dari kulit babi

oh iya bagi yang masih peduli akan kehalalan dan mau belajar follow saja twitter @halalcorner

 

One thought on “be watch for your shoes : Pigskin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s