Annyeong Seoul

annyeonghaseyo

setelah 3 hari balik dari seoul akhirnya saya bisa update nih blog

posting kali cuma mau bahas perjalanan secara umum berikut dengan itenary real nya, semoga pembahasan per hari/per objek bisa segera di update

saya di korea tepatnya Kota Seoul selama 8 hari mulai dari datang hari Jumat 10 mei sampai pulang tanggal 18 mei 2013.

itenary selama 8 hari

day 1 (jumat 10 mei 2013)

incheon-gwanghwamun square-gyeongbokgung palace- cheongyeochon stream-hello kitty cafe-hongdae district

day 2 (sabtu 11 mei 2013)

Nami island- mouse rabbit cafe

day 3 (minggu 12 mei 2013)

Jeonju Hanok village

day 4 (senin 13 mei 2013)

trick eye museum-Namsan Seoul Tower-teddy bear museum- Itaewon-myeongdong

day 5 (selasa 14 mei 2013)

lotte world

day 6 (rabu 15 mei 2013)

fangirling time  apgujong area Gstarzone 2PM-sm entertainment-JYP ent-kyochon chicken-konabeans-banpo bridge

day 7 (kamis 16 mei 2013)

changdeokgung palace-secret garden-Coex-bulgeunsa temple

day 8 (jumat 17 mei 2013)

shopping time (namdaemun-myeongdong-dongdaemun)

day 9 (sabtu 18 mei 2013)

heading to Jakarta

bisa dibilang liburan ke korea ini merupakan liburan saya yang paling kereeenn hehehe. karena bisa dibilang saya jaraaaang bgt liburan. seumur umur saya cuma liburan pindah kota atau paling jauh cuma ke Jogya waktu kuliah. iyasih semenjak saya jadi PNS saya udah hampir nginjak kaki ke semua pulau besar di indonesia (selain papua) pernah pula ke pulau flores, tapikan itu cuma perjalanan dinas yang kebanyakan bolak balik hotel kantor dibanding liat daerahnya hhihi.

ke korea juga merupakan liburan pertama saya keluar negeri , iyah saya ga pernah keluar negeri sebelum ini. jika orang udah bolak balik singapura malaysia berkali kali saya masih cukup bersyukur bisa keliling indonesia (iyahh dalam rangka dinas). tapi setidaknya akhirnya saya punya cap imigrasi korea ketempat salah satu impian saya yeayyy.

kenapa korea

ini tidak lain tidak bukan karena kpop dan korean wave telah meracuni darah saya  (dalam arti positif). bisa dibilang koleksi lagu maupun playlist saya tiap hari itu 90% kpop semua dan isi hardisk saya 50% drama korea. hahaha . tiap hari mendengar ataupun menonton k drama mau tidak mau selalu memimpikan pergi kesana dan setelah kesana saya sampai 3 hari ini masih susah move on

pertama kali sampai dibandara Incheon saya disuguhi pemandangan pagi berkabut dimana pesawat didominasi oleh pesawat korean airlines. bandara Incheon sangat bagus dan layak mendapat predikat the best airport.

ada sedikit kejadian lucu ketika baru nyampe, saya yang selama ini terbiasa dengan sistem di bandara soetta ataupun dengan bandara domestik lain di indonesia agak cukup kebingungan untuk pertama kalinya. setelah melewati pintu kedatangan dan menyerahkan kertas yang telah diisi sebelumnya di pesawat tentang riwayat kesehatan saya melewati jalan seperti foto diatas. kalo di bandara soetta kita tinggal ke tempat pengambilan bagasi, saya mau nyari bagasi malah ga nemu. akhirnya saya dan temen saya sepakat buat ngikutin orang-orang aja. nah pas ngikutin orang kok malah perginya ke kereta .saya yang emang rada udik ga ngerti kalo bandara sebesar incheon shuttle bukan lagi bis tapi train. ketika nyampe di train saya akhirnya nanya orang, kebetulan bapak bapak orang indonesia. “pak ini kereta nya mau kemana”? | bapaknya jawab “ke imigrasi”, wah untunglah saya ga ngikutin yg salah.

shuttle trainnya ga banyak gerbongnya dan kursinya cuma dikit ga  nyampe 5 menit keretanya nyampe kedekat tempat imigrasi, setelah melewati serangkaian proses imigrasi kita ketempat pengambilan bagasi. and jeng jeng ternyata jika biasanya kita yg nunggu koper kalo di incheon kebalik koper yg nunggu kita hoho. cepet bener perasaan.

Dari Incheon ke seoul bisa ditempuh dengan 2 cara dengan naik bus airport limousine (1o.ooo won) atau Arex (3600 won), secara harga memang lebih murah Arex, tapi karena saya belum terbiasa dengan sistem MRT akhirnya mutusin untuk naik bus saja.

setelah melewati gate kedatangan langsung hawa dingin Seoul menyerang, salah cuma make jaket tipis. Incheon yang baru saja selesai hujan menjadi lebih dingin.

untuk naik bus limosin kita mesti memperhatikan Nomor busnya, Karena hostel saya berada di daerah Hongik University maka naik bus Nomor 6002 dan naik di Exit nomor 5 atau 12. tiketnya bisa dibeli di loket dekat masing2 exit.

Limousine bus

limousine nya bagus bgt untuk ukuran sebuah bus umum, kita juga ga bakal takut bagasi kita tertukar karena masing2 koper kita akan dikasih nomor dan kita dikasih nomor tersebut, warna nomornya pun dibedakan sesuai dengan daerah tempat kita turun.

perjalanan Seoul ke Hongik University kira-kira 1 jam lebih. saya nyampe di daerah Hongik jam 10 pagi.

Mengenai hostel, saya menginap 8 hari di Kimchee hostel hongdae, alasannya sih karena budget. harga twin room nya murah dan jika dibandingkan dengan dorm female hostel lain. 8 hari saya berdua dengan teman membayar 360.000 won jadi saya bayar 180.000 won. Kesan hostelnya sama kayak kamar kosan, sayangnya kamar mandi nya diluar. hostelnya cukup bersih, untuk fasilitas memadai dimana ada dapur dan mesin cuci. selama disana saya juga sempet sekali mencuci baju dan bayar 3000 won untuk mesin cuci plus pengering. Selama 8 hari disana pun saya sering sekali menggunakan dapurnya baik untuk masak mie maupun memanaskan nasi instan. staff hostelnya bisa berbahasa inggris dan ramah. Kelemahan hostelnya menurut saya cuma agak sedikit jauh dari subway station. 10 menit jalan kaki itu bisa dibilang jauh karena saya kalo di Jakarta jarang jalan sejauh itu ^^

Untuk Komunikasi selama disana saya cuma ngandelin wifi gratis, untunglah di Hostel dan  dibeberapa tempat ada menyediakan wifi tanpa di lock. wifi nya dimana mana kenceng walopun di HP cuma kadang nangkep 1 bar aja. alternatif lain selain wifi gratis bisa minjam HP di bandara dan bayar 20.000 per hari namun harus pake deposit dulu dengan CC kita atau bisa juga nyewa wifi portable.

Selama di Korea saya kemana2 make subway, walopun awalnya hari 1 sempet bingung baca peta subway dan transit gimana alhamdulilah hari ke2 dan seterusnya lancar. yang penting selalu merhatiin stasiun dimana tempat turun atau transit. kalo bingung juga bisa nanya orang sekitar. pengalaman saya pas pertama naik subway dengan wajah bingung liat peta subway ternyata ada yang nyamperin dan dengan bahasa inggris terbata bata orang itu mau nunjukin cara nya.  Kata orang, orang korea itu cuek terhadap pendatang tapi menurut saya pribadi yang cuek hanyalah anak2 muda nya, ahjussi dan ahjumonni nya baik baik, ga bisa bahasa inggris tapi mau nunjukin jalan. Malahan waktu itu udah malam sepulang dari dongdaemun dengan tas belanjaan rada banyak kita dalam posisi berdiri di subway tiba tiba ada ahjuma narik tas belanjaan temen saya dan bilang biar dia yang pegang, wah baiknnya.akhirnya selama perjalanan tas belanjaan temen saya dipangku oleh ahjumma tersebut.

Yang menjadi kesulitan saya selama di korea sebenarnya bukanlah bahasa, walopun saya les cuma sampai dasar 2 setidaknya mampu survive disana. Orang korea walopun kadang tidak bisa bahasa korea tapi dari cara dia ngomong korea dan gerak tubuhnya kita tau dia ngomong ke arah mana dan ada beberapa tempat makan ataupun wisata orangnya bisa bahasa inggris. Dan jadi masalah saya selama di Korea adalah makanan. kita sama2tau kalo orang korea makannya banyak mengandung babi. dan dalam kepercayaan saya walopun makanannya tidak ada babi nya tapi saya juga menghindari daging sapi dan ayam selama disana, yah walopun akhirnya saya 2x makan ayam karena ga tau mau makan apa. untunglah saya bawa bekal Rendang dari Indonesia dan mie instan jadi terbantu untuk sarapan ataupun makan malam. untuk makan siang saya cuma berani makan di lotteria atau kfc itupun mesennya chicken burger, squid burger, ayam, atau kentang. yah masalah makanan memang tergantung kepercayaan masing2 mau percaya batasan haram itu sejauh apa.oiya makanan korea yg saya makan cuma toppokki dan banana milk hehe, dan ternyata toppokki itu dijual dijalanan kayak gorengan di Indonesia dan nyampe di Indo toppokki naik kelas masuk restoran hehe.

1368928325

kira-kira itu sekilas cerita saya pertama kali sampai dikorea, next posting akan bahas tempatnya satu satu.

kamsahamnida

8 thoughts on “Annyeong Seoul

1. ka mau tanya doong ..
    pas booking di kimchee guesthouse ada DP ngga kak ?
    kalo ada kita bayarnya pake paypal apa gimana kak ?
    makasih banget kalo dijawab❤

• Aku dulu booking nya di booking.com yang ada opsi pay later. Jadi baru bayar pas nyampe disana. Kalo booking.com ga pake DP. Beda kalo booking nya lewat agoda yang biasanya langsung bayar full waktu booked atau ke situs hostel nya langsung yang DP 10%

• oooh gitu kak , itu berarti situsnya ngga ngelebihin ya kak ?
        sama mau tanya lagi kak , kalo surat keterangan kerja itu kita yg print sendiri terus ditandatangan atasan kan ? ngga usah pakai kop atau materai kan kak ? haha

• kalo di agoda biasanya yang tertera di awal pas penawaran harga belum termasuk pajak. jadi jangan kaget pas mau submit dan bayar harganya bisa nambah beberapa dolar. yang musti dibayar adalah harga terakhir, biasanya mereka akan konfirmasi lagi harganya. kalo kamu ga mau bayar sekarang, booking di booking.com aja ,harga diawal sama dengan yang bakal dibayar

kemaren aku pake kop surat, karena aku kerjanya di pemerintahan jadi ada format resmi kop suratnya. kalo swasta biasanya juga suka ada kop suratnya. g pake materai kok. cukup tanda tangan atasan aja

• aku baru liat lagi maaf kak , makasih banyak udah sharing hehe kalo gt mh enakan pake booking.com yaa kak😀
        yah , kalo ngga pake kop surat nggak apa2 atw apa2 kak ? aku di swasta kak .. aku bingung mintanya ke bagian apa di tmpt kerja aku -_- hehe