Travelling Day 3 – Jeonju Hanok Village

Jeonju merupakan sebuah ibukota propinsi North Jeolla yang terkenal karena Korean foodnya (bimbimbap), historical buldingnya, dan film festivalnya.

Seoul – Jeonju berjarak 3 jam perjalanan (jika lancar), dan dapat ditempuh dengan bus ataupun KTX.

ketertarikan saya awalnya untuk mengikuti tour ke Jeonju adalah karena Free shuttle Bus yang ditawarkan pemerintah Korea. lewat website nya kita dapat mem booked waktu kira2 kita akan ke Jeonju.

tour ke Jeonju ini hanya berlangsung dari 1 maret 2013-25 agustus 2013, dengan frekuensi 3x seminggu (jumat, sabtu, dan minggu). dan khusus untuk turis asing

untuk boarding place nya Seoul (gwanghwamun square depan Donghwa lotte duty free), Jeonju (jeonju hanok village parking lot).

tour ini 100% free, ditambah lagi staff di bus nya mampu berbahasa inggris dengan baik dan bus yang digunakan juga bagus.

prosedur booked nya sangat lah mudah. setelah kita sign up dan memilih waktu kira2 kapan kita ke Jeonju kita diminta untuk mengisi form. setiap orang diberi jatah 2 seat tapi kita harus mencantumkan nama dan nomor passport teman kita tsb pada websitenya. setelah mem booked kita akan mendapatkan notifikasi ke email kita bahwa booked kita telah sukses, dan email tsb bukanlah tiket. jika kita beruntung maka nanti kita akan dikirimkan email tiket bus nya satu bulan sebelum berangkat. satu bulan sebelum berangkat saya akhirnya dikirimi tiket bus tersebut, dan seminggu sebelum berangkat saya dikirimi email kembali tentang konfirmasi apakah saya jadi ikut dalam tour tsb atau mengundurkan diri, dan tinggal reply join/not.

Saya memilih tour ke Jeonju pada hari minggu tanggal 12 mei 2013. boarding place nya di gwanghwamun square di depan Donghwa duty free. untuk patokan nya gedung tersebut berada  di dekat cheonggyechon stream.

donghwa duty free

Shuttle busnya on time datang pukul 07.45 setelah mendata masing-masing penumpang dan memperlihatkan paspor , jam 8 tepat bus berangkat.pukul 11.00 sampailah di Jeonju hanok village. perjalanan berangkat dapat dikatakan lancar karena tol yang dilewati tidak macet (jalan tolnya mengingatkan saya dengan tol cipularang bandung-jakarta).

Sebenarnya tidak banyak yang dilihat di Jeonju Hanok Village selain kompleks hanok dan taman diatas bukitnya. dan saya pun tidak terlalu meng eksplore kota jeonju nya karena bingung dengan transportasi disana.

Di Jeonju hanok village, kita akan disuguhi pemandangan rumah-rumah hanok. rumah tersebut ada yang bebas kita masuki ada pula yang dijadikan tempat menginap semacam guesthouse. sebenarnya saya sangat senang bisa kesana karena bisa melihat hanok dari dekat tapi lagi lagi cuaca panas jeonju yang menjadi penghalang. panasnya nyamain jakarta disiang hari. setelah capek muter muter dan foto2 liat rumah hanok akhirnya saya kebanyakan istirahat di semacam saung gitu. malahan saya sempat sholat zuhur dan ashar di saung tersebut, dan teman saya bilang saya diliatin sama orang korea nya hihi.

Di dalam kompleks Jeonju juga terdapat souvenir shop dan toko toko kecil  yang menjual souvenir baik itu  gantungan kunci, pajangan, kipas, kain, boneka sampai Soju . tapi saya ga beli apa-apa karena dana untuk belanja saya yang sangat terbatas.

kipas

Kota Jeonju dikenal Festival film internasional yang rutin diadakan setiap tahunnya pada musim semi. Di hanok village tersebut juga dipajang poster poster film yang mengikuti festival tersebut.

Spot paling bagus untuk melihat kompleks hanok village nya adalah di atas bukit kecil dibelakang kompleks tersebut. menuju bukit tersebut disediakan tangga diatas tangga tersebut kita dapat melihat  kompleks hanok village yang ternyata luas.

tidak banyak yang bisa saya ceritakan tentang hanok village, karena saya hanya pergi ke satu tempat dan muter2 disana aja. ketika perjalanan pulang malahan saya dan teman saya sempet melihat syuting KBS, dimana acaranya menampilkan anak-anak berpakaian hanbok yang menyanyikan lagu tradisional korea.

tepat jam 16.00 saya sudah kembali ke parking lot jeonju hanok village, karena masih lama akhirnya saya duduk duduk di tourist information. tourist informationnya memajang beberapa potret tentang korea selain itu juga disediakan 2 PC dan galon air beserta gelas kertas.

seharian saya berada disini saya menyadari Korea makin maju pariwisata nya karena memang di manage secara profesional. menyediakan bus gratis ketempat wisata yang “korea banget” sampai memfasilitasi bagian tourist information nya agar turis yang datang nyaman berada disana. dan hampir semua tempat yang saya kunjungi di korea menyediakan brosur dalam multi bahasa mulai dari bahasa Korea, Bahasa Cina, bahasa Jepang sampai bahasa Inggris.

3 thoughts on “Travelling Day 3 – Jeonju Hanok Village

1. Wouw ulasannya bgus skli dlengkapi foto2 pula.. mau nanya nih, apa bnar susah ngurus visa korea? Ada minimum saldo rek gak? Trus nemuin mkanan halal gmana,
    Mkasih bgt qlo bersedia mnjwb

• Makasih sebelumnya, Pengalaman aku kalo ngurus visanya ga susah sih.aku juga baru pertama kli ke luar negeri dan belum ada cap di paspor nya.yg penting syarat dokumen dipenuhi.saldo minimum aku pernah baca dulu : harga tiket PP+biaya penginapan +uang kebutuhan kita perhari.trus ditabungan uangnya ngendap 3bulan.waktu itu aku 10jt.tapi temenku juga pernah 8juta.yg penting kita bisa buktiin kalo kita kesana cm jalan2, ga nyari kerja dan balik lagi ke indonesia.

• Kalo makanan halal aku bawa bekal dr indonesia juga bawa rendang sama mie instan trus beli nasi di minimarket sana yg bisa dipanasin di microwave.aku jajan nya yg aman aman aja ,yg jlas disana ga berani nyentuh daging dagingan paling ayam .lotterianya juga ada jual burger shrimp sama crab ^^