Travelling Seoul Day 1- gwanghwamun square

Rute hari 1  adalah gwanghwamun square-gyeongbokgung palace- cheongyeochon stream-KTO-hello kitty cafe-hongdae district

alasannya sih karena dari jauh jauh haru nyusun itenary udah bikin gwanghwamun square di hari 1, mengingat tempat tesebut tidak terlalu jauh dari hongdae.

setelah check in di kimchee hongdae guesthouse dan melunasi pembayaran nya untuk 8 hari kedepan saya dan teman saya bisa langsung menempati kamar yang kami pesan. kesan pertama melihat kamar tersebut adalah kayak kamar kosan. terus tidak ada lemari dan kamar mandi di luar. didalam kamar hanya tersedia tempat tidur bertingkat, meja, gantungan baju dan karpet. tapi menurut saya itu sudah sangat lumayan jika mengingat harga murah yg ditawarkannya (harga twin room kimchee hampir sama dengan dorm di guesthouse lain).

ketika hari sudah menunjukkan jam 12 saya mulai bersiap siap dan sholat. karena sudah kebiasaan sholat zuhur jam 12 lebih dikit akhirnya saya sholatlah (tanpa searching terlebih dahulu). pada hari 2 saya baru tau kalo jadwal sholat di seoul lebih molor dari jakarta zuhur disana pukul 12.30, ashar 16.30 magrib 19.30 dan isha 21.30, untuk subuh saya masih dengan jadwal yg sama seperti dijakarta.

gwanghwamun square – gyeongbokgung palace – cheongyeochon stream-KTO
how to get there :

dari line 2 (hijau) dari hongik station –> chungjoengno (transit ke line 5 ungu)–> gwanghwamun (exit 2)

Karena kita belum punya T-money yang notabene alat pembayaran untuk naik transportasi umum di Seoul, akhirnya beli dulu di minimarket G25. untuk 1 T-money kosong tanpa isi harganya 2.600 won. dan untuk reload kita bisa bebas mengisi sesuai keinginan kita. selama di Korea saya 4 kali reload T-money 2x 10.000 dan 2x 5000 won dan untunglah  cukup sampai akhirnya naik Arex ketika pulang.

Sebagai Newbie dalam dunia per MRT an saya awalnya sedikit mengalami kesulitan. ketika akan Tap kartu untuk bisa masuk ke station saya bingung kenapa kartu saya ditolak, dan ternyata saya salah jalan -__- , jalur tempat saya Tap diawal tadi adalah jalur untuk keluar /exit bukan untuk masuk heehe, untunglah ada oppa oppa yg berbaik hati yg menyadari kalo saya salah jalur. pas menentukan pertama kali saya juga sempet muter2, seharusnya saya cukup transit ke chungjeongno lalu ke gwanghwamun ini malahan saya dengan sotoynya naik ke city hall  karena saya mengira gwanghwamun ada di city hall, akhirnya pas nyampe city hall saya balik lagi ke chungjeongno ><.di chungjoengno ternyata ada kakek-kakek yg denger kalo kita mau ke gwanghwamun dan bilang ke temen saya kalo dia juga kearah gwanghwamun dan ikut dia saja, akhirnya kita ngikutin kakek tersebut, ternyata kalo transit kita bisa naik tangga trus abis itu turun lagi ditempat lainnya dan itu jauh jalannya. Kakeknya pintar bahasa inggrisnya dan dia sempat nunjukin kartu nama kalo dia instruktur taekwondo pada masa muda nya hehe, ternyata kakek ini.

Pas nyampe di gwanghwamun , di exit 2 langsung disuguhi patung king sejong dan admiral yi shun shin dan langsung keingetan drama City hunter lee minho dimana ada beberapa scene lee minho dan park min young main2 di tempat itu, sayang air mancur lagi ga ada waktu itu.

Gwanghwamun square dapat dikatakan sebagai daerah pusat kotanya di Seoul. dimana disekitar area itu terdapat gyeongbokgung palace, kedutaan Amerika serikat, Museum ,Kyobo building dan beberapa gedung perkantoran. daerah gwanghwamun juga menjadi meeting point untuk seoul tour bus dan jeonju shuttle bus.

di bawah patung king sejong terdapat Museum the story of King Sejong, dimana pada museum tersebut dipamerkan sejarah hangul dan beberapa diorama. Untuk ke museum tsb kita musti turun 2 lantai dimana pintu masuk nya tepat berada dibawah patung king sejong. pada museum tersebut juga dsuguhkan animasi tentang king sejong. untuk masuk ke museum tersebut tidak dipungut biaya.

gyeongbokgung palace

admission :3000 won

operating hours :09.00-18.00

Gyeongbokgung Palace berada tidak jauh dari gwanghwamun square, malahan dari gwanghwamun kita dapat dengan langsung melihat gyeongbokgung. menurut saya istana ini walopun istana utama namun tidak terlalu besar dan megah jika dibandingkan dengan Changdokgung. yang menarik jika mengunjungi istana ini adalah setiap jam 3 sore kita akan melihat atraksi pergantian shift penjaga istana. durasi nya lebih kurang 10 menit. yang membuat saya heran pejaga istana nya kalo menjaga pintu istana bisa tanpa ekspresi, dan mereka mampu berdiri tanpa banyak gerak dari awal shift mereka sampai shift nya berakhir. dan umumnya postur pernjaga istana tersebut tinggi2.

sebenarnya ada integrated ticket 10.000 won dimana dengan membeli tiket tersebut kita dapat mengunjungi 4 istana di kota seoul yaitu Changdeokgung Palace (including Huwon, Secret Garden), Changgyeonggung Palace, Deoksugung Palace, Gyeongbokgung Palace and Jongmyo Shrine dan berlaku selama 1 bulan. artinya kita tidak perlu harus dalam sehari memakai tiket tersebut untuk mengunjungi keempat istana tersebut.

selama di seoul saya hanya mengunjungi 2 istana yaitu gyeongbokgung dan chandeokgung. Menurut saya jika hanya akan kesatu tempat saya merekomendasikan lebih baik ke changdokgung dan masuk ke secret garden nya. mengenai changdeokgung akan saya tulis pada postingan berikutnya.

Chonggyechon stream

cheonggyeochon stream merupakan sebuah sungai kecil yang melintasi objek wisata didekat Deoksugung Palace, Seoul Plaza, the Sejong Center, Insa-dong Street, Changdeokgung Palace, and Changgyeonggung Palace.

menurut sejarah nya sampai tahun 2005 , cheonggyechon stream hanyalah sebuah sungai kecil yang tidak terurus. pada tahun 2005 sungai tersebut direstorasi dan sampai sekarang berhasil menjadi salah satu objek yang “must visit” ketika berkunjung ke Seoul.

untuk kesana dari gyeongbokgung kita cukup berjalan kaki kira2 10 menit. dari gyeongbokgung kita berjalan lurus kembali kearah gwanghwamun square, jalan lurus terus melewati 2 persimpangan. cheongyechon stream berada dikiri jalan dan gampang untuk ditemukan.

pada tanggal 10-12 mei ketika saya kesana kebetulan ada Lotus Lantern festival dimana cheongyeochon stream dipenuhi dengan lentera dari lentera kecil sampai dengan berbagai karakter. festival dimulai pada malam hari. dan no wonder pinggiran cheongyechon menjadi penuh lautan manusia sampai jalan aja susah ><.

pada sore hari saya datang stream nya masih sepi hanya ada beberapa orang, namun ketika saya untuk kedua kalinya dimalam hari pada hari berikutnya. stream nya penuh dengan orang.

kata orang air streamnya  dingin (sedingin es) sepanjang tahun, karena saya penasaran akhirnya saya nyeburin kaki dan ternyata benar sodara sodara. ketika hari itu cuaca 15 derajat saja sudah menggigil apalagi pas saya nyeburin kaki, kaki jadi berasa beku. memang cocoknya stream ini didatangi pada musim panas untuk ngadem.

cheongyechon stream kata orang tempat romantis, dan menurut saya itu benar. Setidaknya bisa untuk healing. cukup duduk ga mikirin apa apa hanya memandang air terjun kecilnya ataupun aliran airnya yg jernih bisa menjadi penenang ^^

Korean Tourism Organization (KTO)

dari cheongyeochon saya ke KTO, karena KTO berada di pinggir stream tersebut. Kesana awalnya cuma mau liat liat aja siapa tau sekalian bisa Hanbok experience, tapi ternyata jadwalnya baru dimulai hari senin bsknya (13 mei) dan malahan saya sempet sempetnya foto foto di starzone nya. apalagi kalo bukan foto dekat banner artis KPOP hohoho. stelah foto foto saya ternyata ngeliat ada tulisan “praying room” awalnya mikir itu buat sholat bukan ya. karena kepo akhirnya liat dan benar itu ternyata mushala kecil dan lengkap dengan mukena dan alquran terjemahan (pake hangul) wah saya terharu. di negeri minoritas muslim menemukan tempat sholat itu suatu keajaiban. di KTO juga disediakan Map gratis dan beberapa brosur wisata.

 

Hello Kitty Cafe Sinchon

hello kitty hongdae

hello kitty hongdae

ketika merencanakan perjalanan ke korea ini, saya sudah masukin mengunjungi hello kitty cafe di itenary. Saya sebenarnya bukanlah fans hello kitty tapi karena penasaran kayak gimana cafe nya akhirnya jadi tujuan “Must visit” saya. yang saya tau selama ini cma hello kitty di hongdae namun setelah liat map yg dapat dari KTO tentang wilayah hongdae dan ada tulisan hello kitty cafe akhirnya kita ngikutin map tersebut. ternyata,……. saya salah. yang ada di Map itu hello kitty cafe di sinchon bukan yg hongdae, memang sinchon dan hongdae deketan

direction

di map yang saya baca ke hello kitty cafe (line 2 berhenti di sinchon station exit 3), setelah exit 3 akan menemukan mc donald. lurus jalan terus sampai bertemu nature republic belok kanan terus jalan terus sampai bertemu toko aksesoris black cat terus belok kanan ke jalan yg agak menanjak. dari pas belokan udah kelihatan hello kitty cafe nya.

kalo hello kitty yang di hongdae lebih besar dari yang di sinchon. dan dekat dengan trick eye museum.

di hello kitty cafe saya mesan greentea latte  hot. dan  pas ngambil minumannya dikasir latte nya ada gambar hello kitty nya, kayaknya sayang bgt buat di minum minuman unyu kayak gini.

setelah dari hello kitty cafe akhirnya pulang. sebelum pulang saya menyempatkan diri untuk melihat lihat daerah Hongdae.

hongdae di waktu malam ternyata lebih hidup, dimana ada restoran kiri kanan, jalan penuh orang dan ada spot untuk musisi jalanan . Untung saja di hongdae ada toko kebab sehingga saya bisa makan malam dengan tenang^^

14 thoughts on “Travelling Seoul Day 1- gwanghwamun square

    • awal-awalnyo gitu lo. karena blm pernah kesana. list dulu se yang mau di kunjungi,biar lebih gampang .trus kalo ga tau mau naik apa nya buka aja visit aja visitkorea.or.kr/ suka di kasih petunjuk how to get there nyo

  1. Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
    – Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
    – Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
    – Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja- Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan
    – Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
    – Fotokopi Bukti Keuangan, pilih salah satu:
    * Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    * Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    * Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank
    * Surat keterangan dan copy kartu membership golf
    * Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5
    * Surat keterangan pemegang program jamsostek
    * Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun

    ** Untuk tipe visa C-3 Multiple silahkan untuk melihat persyaratan Multiple Visa
    ** Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua
    ** Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga
    ** Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)

    ** Dokumen yang telah dilampirkan jika dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen

    http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/step/index.jsp

    ini yang syarat dari kedubes korea.
    kalo waktu apply kemaren selain syarat diatas aku lampirin foto kopi tiket pesawat PP, booking hostel, bukti SPT pajak, sama surat keterangan bekerja dri kantor.
    untuk keterangan keuangan, aku minta surat referensi dari bank mandiri sama rekening koran 3 bulan terakhir. kalo masih sekolah pake rekening orang tua.

    aku sempet nulis persiapan berangkat nya di postingan https://qiqiew.wordpress.com/2013/03/28/persiapan-sebelum-berangkat/

    itenary nya sudah di kirim ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s